Review Polygon Premier 5 2021 Terbaru : Jagoannya Entry-Level Kini Dengan Double Chainring!
REVIEW POLYGON PREMIER 5 2021 TERBARU PALING LENGKAP
Harga dan Spesifikasi Polygon Premier 5 2021 - Salah satu sepeda MTB kelas menengah pabrikan Polygon yang hingga sekarang masih terus banyak diminati, baik oleh goweser pemula maupun goweser yang sudah hobi ‘pecicilan’, kita panggil saja : Polygon Premier 5 2021!
Seperti yang telah banyak orang ketahui bahwasannya sepeda Polygon Premier 5 merupakan salah satu model sepeda yang sangat laris di pasaran, bahkan terlaris jika dibandingkan dengan sepeda merek pabrikan lain di kelas yang sama.
Barangkali, salah satu faktor yang membuatnya begitu laris dan populer di pasar pesepedaan Tanah Air adalah karena fungsionalitasnya yang begitu bisa diandalkan.
Dikenal baik sebagai model sepeda yang multi-purpose : enak dibawa di atas aspal, asyik dibawa di jalan off-road, bahkan tangguh untuk dibawa touring.
Sepeda ini juga kerap direkomendasikan oleh banyak goweser yang sudah malang-melintang di dunia pesepedaan, sebagai sepeda untuk permulaan sebelum menggunakan sepeda yang lebih spesifik dan lebih mahal, untuk bermain di domain mountain bike tentunya.
Polygon Premier adalah seri sepeda Polygon yang kerap mendapatkan langganan ‘upgrade’ dari tahun ke tahun. Baik berupa adopsi desain / teknologi terbaru maupun berupa peningkatan level komponen.
Tetapi hal tersebut dilakukan oleh Polygon tanpa menanggalkan identitas Sang Premier 5 ini sebagai sebuah sepeda MTB XC yang serbaguna, namun tetap ramah di kantong.
Dan kini, Polygon yang tetap teguh pada komitmennya menghadirkan Polygon Premier 5 beserta beragam perubahannya yang signifikan dengan mengusung nama Polygon Premier 5 2021 sebagai jawaban atas kebutuhan konsumen penggiat sepeda yang mendambakan sebuah sepeda ekonomis nan serbaguna.
Bahkan, sepeda gunung garapan Polygon mengalami perubahan di sektor crankset, yang mana di versi pendahulunya menggunakan triple chainring, pada versi ini mengusung penggunaaan double chainring.
Sebagaimana diketahui, bahwa konfigurasi double chainring yang diaplikasikan sebagai komponen Polygon Premier 5 tersebut mampu menjadikannya sebagai sepeda yang lebih ringkas, simple, serta efisien. Tentunya dengan tetap memberikan performa yang terbaik di kelasnya.
Polygon nampaknya cukup jeli dalam mengakomodir tren teknologi pesepedaan yang terjadi pada saat ini. Jika harus berekspektasi, tak salah jika Polygon Premier 5 ini barangkali bakal mendapat julukan sebagai “MTB Laris Manis”.
Sebab, varian Polygon Premier tetap menduduki tingkat tertinggi dalam hal penjualan di kelas sepeda MTB menengah meskipun harus bersaing melawan sepeda MTB garapan pabrikan lain, seperti United, Pacific, dan beberapa pabrikan lokal lainnya.
Tentunya semakin penasaran kan dengan ketangguhan Polygon Premier 5 terbaru ini?
Oh iya, sudah menjadi rahasia umum bahwasannya Polygon dan beberapa pabrikan sepeda lainnya kerapkali menamakan sepeda-sepeda yang dirilis setelah pertengahan tahun, dengan nama tipe sepedanya ditambah embel-embel angka dari tahun depan.
Jadi walaupun nama sepedanya terdapat embel-embel 2021, bisa saja produksinya dilakukan pada 2020.
Namun bisa dipastikan apabila kualitas Polygon Premier 5 ini masih senafas dengan kualitas produksi keluaran sebelumnya yang terkenal akan ketangguhan dan keawetannya.
Bahkan, pada Polygon Premier 5 2021 terbaru ini juga sudah dilengkapi dengan berbagai macam upgrade teranyar yang akan memberikan sensasi riding yang lebih menyenangkan.
Terlepas dari itu, Polygon Premier 5 2021 ini merupakan “kakak unggul” dari Polygon Premier 4 2021 yang juga dirilis secara bersamaan. Dimana keduanya pun sama-sama mengadopsi double chainring. Review dari Polygon Premier 4 bisa kalian simak di link ini.
Nah, berhubung ini adalah artikel yang membahas spesial seputar Polygon Premier 5 2021, kali ini kami akan membahas secara detail mengenai Harga dan Spesifikasi Polygon Premier 5 2021. Yuk kita simak bersama!
SPESIFIKASI POLYGON PREMIER 5 2021
Berat |
15.2 kg |
Tahun |
2021 |
Rangka |
Alutech XC Sport
6061 27.5” Internal Routing
Cable |
Fork |
Suntour XCM Coil Spring 120 mm Travel Preload Adjuster Hydraulic Lock Out |
Suspensi Belakang |
None |
Handlebars |
Entity Sport 740 mm |
Head Set |
Semi-Intergrated S.H.I.S ZS 44/28.6 | ZS 44/30 |
Stem |
Entity Sport Alloy E:45MM |
Sistem Rem |
Tektro HD-M275 Hydraulic Disc Brake Rotor 160 mm |
Shifter |
Shimano Altus M2010 2 x 9
speed |
Bottom Bracket |
Cartridge
Bearing 68x122mm Square (Kotak) |
Crank Set |
Alloy Double Crankset 34/22T
170mm |
Front Derailleur |
Shimano
Altus M2020 Top-Swing Dual-Pull |
Rear Derailleur |
Shimano Alivio M3100 9 Speed |
Cassette |
Shimano Altus
CS-HG200 11-36T 9 Speed |
Speed |
18 |
Rantai |
KMC X-9 9-SPEED |
Saddle |
ENTITY VOID SADDLE |
Seatpost |
Entity Sport Alloy 15mm Offset 27.2x350mm |
Pedal |
Standard Flat Pedal |
Roda / Rim |
Double Wall Alloy Rims |
Jari-Jari |
32H |
Ban |
27.5 x 2.25" Deli / Mizt |
Warna |
Grey-Yellow |
Desain Polygon Premier 5 2021
Berbicara menegenai desain, Polygon Premier 5 2021 sudah
menggunakan teknologi Wheel Fit System, yang
mana teknologi ini ini merupakan suatu formulasi penyesuaian frame dengan
ukuran roda yang bisa disesuaikan berdasarkan kebutuhan pengguna.
Hal ini merupakan suatu terobosan dari Polygon untuk mewujudkan sebuah sepeda yang dapat memberikan pengalaman riding yang nyaman dan ergonomis.
Seperti halnya sepeda Polygon Premier 5 sebelumnya, sepeda ini menawarkan desain geometri yang membuat posisi tubuh pengendara menjadi fleksibel, karena banyak pengaturan yang bisa kita setting untuk mendapatkan posisi tubuh yang lebih ideal.
Hal tersebut turut didukung oleh hadirnya sadel yang cukup empuk, membuat pesepeda pemula tidak akan kesulitan berlama-lama di atas sepeda.
Secara desain, Polygon Premier 5 cukup worthy dibawa ke track-track yang ringan, dengan beberapa jenis obstacle yang dapat dilibasnya dengan cukup baik.
Sepeda ini cukup nyaman untuk dipakai pada daerah yang sedikit bergelombang, dan tidak terlalu berat di tanjakan. Tersedia sistem suspensi dengan fitur lock out yang bisa kita atur menyesuaikan medan yang akan kita hadapi, apakah jalan aspal yang mulus atau off-road.
Sebagai tips, untuk bersepeda di jalan mulus/aspal, selalu gunakan tekanan udara yang tinggi, karena ban sepeda ini lebar, tentunya akan membuat sepeda ini berat untuk jalan yang mulus.
FRAME POLYGON PREMIER 5 2021
Frame Polygon Premier 5 2021 memiliki bobot yang lebih ringan. Hal tersebut
dikarenakan Polygon Premier 5 2021 menggunakan frame berbahan alumunium
6061 alloy Alutech Sport XC hyfroformed.
Jenis Frame tersebut adalah jenis yang pernah digunakan pada Xtrada versi lawas.
Lekukan serta bahan alloy yang terdapat pada toptube cukup mengurangi bobot sepeda serta menghadirkan nuansa baru yang lebih halus.
Polygon Premier 5 2021 berwarna dasar abu-abu, dengan strip label nama Polygon berwarna kuning terang di bagian down tube-nya.
Untuk jalur kabel, untuk kabel shifter sudah memakai jalur internal, sedangkan kabel rem belakang masih eksternal, membuat tampilannya menjadi sedikit kurang mulus dan rapi. Namun setidaknya kabel shifter sudah cukup terlindungi sehingga mengurangi periode servisnya.
Perubahan tapered headtube yang terjadi pada Polygon Xtrada 5 2021 tidak turut terjadi pada Polygon Premier 5 2021 ini. Cukup dimaklumi, namun andai saja itu bisa terjadi.
Oh iya, frame ini juga memiliki dudukan rak yang
memungkinkan sobat goweser untuk memasang rak atau kursi bayi.
FORK POLYGON PREMIER 5
Menginjak pada pembahasan selanjutnya, kali ini kami akan
membahas mengenai sektor suspensi yang dibenamkan dalam spesifikasi Polygon
Premier 5 2021 ini.
Langsung saja, untuk suspensi dari Polygon Premier 5 2021 ini mengandalkan suspensi dari pabrikan Suntour dengan tipe XCM-nya. Fork yang standar digunakan pada banyak sepeda XC menengah ke bawah.
Memiliki travel 120 mm, fork ini dapat dipasangi rotor disc brake hingga ukuran 180 mm.
Dengan tipe coil yang diusungnya, cukup untuk mengurangi goncangan ketika Polygon Premier 5 2021 ini dikendarai, khususnya di jalanan yang berlubang atau pun bergeronjal.
Sehingga, akan memberikan kenyamanan kepada rider yang mengendarainya.
Kehadiran knop pre-load di sebelah kiri, juga knop on/off di sebelah kanan, nampaknya memang sebuah fitur wajib sebuah sepeda XC entry level pada umumnya.
STEERING
Setelah kita mengulas spesifikasi Polygon Premier 5 2021 pada
bagian frame dan fork, kini kita akan mengulas sektor kemudinya.
Handlebar sepeda MTB Premier 2021 memakai stang dengan lebar 740mm, dengan bentuk rise yang sedikit melengkung.
Kita bisa mengatur posisinya tidak hanya naik-turun, tetapi lebih maju atau mundur sesuai dengan posisi ideal bagi pemakainya.
SHIFTER
Polygon Premier 5 2021 mengunakan kombinasi shifter Shimano Altus M2010 2x9 speed dan rear derailleur Alivio M3100 9 speed yang merupakan versi terbaru.
Karena Polygon Premier 5 tahun 2021 ini sudah menggunakan double chainring, proses shifting di lini gear depan pun menjadi lebih mudah dan efektif. Terlebih jika kita membandingkannya dengan gear ratio Polygon Premier 5 pendahulunya
BRAKESET
Pada Polygon Premier 5 2021, sistem pengereman mengusung rem cakram hidrolik seperti halnya pada Polygon Premier 5 versi terdahulu.
Sektor ini diisi dengan rem besutan Tektro dengan tipe M275, yang membuat sistem pengereman akan menjadi lebih ringan dan responsif.
Tentunya keberadaan dari rem cakram hidrolik ini membuat perawatan akan menjadi lebih mudah karena kedap dan lebih terlindungi dari kotoran. Namun perlu diketahui bahwa kabel rem belakang belum di route melalui internal frame, masih terletak di luar.
Jadi, akan sangat wajar jika tipe sepeda Polygon Premier 5 ini nantinya akan dibanderol dengan harga yang lebih murah dari tipe Xtrada.
Disc brake pada rem ini dipasangkan dengan rotor 160 mm untuk rem depan dan belakang, yang merupakan ukuran yang standar digunakan pada sepeda XC.
SEATPOST DAN SADDLE
Seatpost memiliki diameter 27.2 mm, dengan panjang 350 mm, dan offset 15 mm.
Offset ini membuat posisi tempat duduk sedikit lebih mundur dari kelurusan tube/tiang seatpostnya.
Sadel Entity dengan sedikit lengkungan di tengah, terasa kurang empuk. Namun cukup memuaskan untuk digunakan oleh goweser pemula.
WHEELSET POLYGON PREMIER 5 2021
Wheelset Polygon Premier 5 2021 mengandalkan velg X15 alloy double wall dengan jari-jari berjumlah 32 hole. Dipadukan dengan ban Deli / Mizt berukuran 27.5” x 2.25”.
Ban ini cukup lebar dan bisa diandalkan untuk digunakan pada track , tentunya dengan menyettingnya ke tekanan udara yang rendah agar gigitan (grippy) menjadi lebih kuat, aman, dan nyaman.
Untuk di jalur aspal yang mulus, jangan lupa untuk mengatur tekanan udaranya ke nilai yang lebih tinggi, agar kayuhan terasa lebih ringan dan laju.
BOBOT DAN UKURAN POLYGON PREMIER 5 2021
Fungsi yang multi-purpose dan harga yang ekonomis menjadi ciri khas yang dibawa pada spesifikasi Polygon Premier 5 2021 ini. Desain tersebut dibangun di atas frame yang sangat kuat dan sudah teruji ketahanannya.
Selain itu, Polygon Premier 5 2021 ini juga tersedia dalam 3 ukuran. Yaitu S, M, dan L. Semuanya dengan ukuran ban 27.5”. Karena ukuran sepeda Polygon yang tersedia untuk para twenty-nine-ers baru mulai tersedia untuk tipe Xtrada ke atas.
Namun dengan ketersediaan ukuran-ukuran tersebut, nampaknya juga sudah cukup memberikan opsi terbaik bagi calon pengendaranya dalam memilih tunggangan yang lebih nyaman sesuai fisiologis dan kebutuhannya.
Apalagi, Polygon Premier 5 ini memiliki bobot yang cukup ringan, walau tentunya tidak akan se-ringan Polygon Xtrada 5 2021. Dimana Polygon Premier 5 2021 ini memiliki bobot seberat 15,2 kg yang akan cukup menjadikannya mudah dikontrol serta lincah ketika bermanuver dan menikung.
Bahkan, dengan ground clearance atau jarak terendah dengan tanahnya yang mencapai 299 mm ini akan membuat sepeda ini lebih gesit dan lincah ketika dikendarai di medan yang berlubang atau pun berbatu.
Dari hal tersebut, spesifikasi Polygon
Premier 5 2021 ini memang bisa dibilang kokoh dan optimal di kelasnya.
GROUPSET POLYGON PREMIER 5 2021
Spesifikasi Polygon Premier 5 2021 pada sektor groupset-nya sudah menerapkan double chainring.
Dengan adanya konfigurasi tersebut, tidak hanya memberikan performa terbaik namun juga akan mampu meningkatkan efisiensi, menurunkan sedikit bobot, dan pastinya menawarkan shifting experience yang lebih baik.
Namun sepertinya ada yang harus dikorbankan dari konfigurasi ini.
Berdasarkan Gear ratio, Polygon Premier 5 sebelumnya nampaknya lebih mumpuni untuk dibawa kebut-kebutan, karena menggunakan crank sampai ukuran 42T. Sedangkan Polygon Premier 5 2021 ini hanya memiliki ukuran 34T pada crank terbesarnya.
Walaupun demikian, sepertinya cassette Shimano Altus CS-HG200 11-36T hadir untuk menutupi kekurangan tersebut. Rentang cassette yang lebih luas, diharapkan dapat membuat Polygon Premier 5 2021 tetap lebih ringan di tanjakan, maupun ngebut di dataran rendah.
KELEBIHAN DAN KEKURANGAN POLYGON PREMIER 5 2021
KELEBIHAN POLYGON PREMIER 5 2021
- · Mengadopsi Wheel Fit System untuk menciptakan sebuah desain sepeda yang nyaman dan ergonomis untuk dikendarai.
- Sudah menggunakan konfigurasi double chainring, yang mana pada versi sebelumnya masih menggunakan triple chainring.
KEKURANGAN POLYGON PREMIER 5 2021
- ·
Tidak turut mengadopsi tapered headtube, seperti yang dialami oleh tipe Xtrada terbaru.
- ·
Kabel rem belakang masih berada di luar frame.
- ·
Sadel kurang empuk.
- ·
Walau sudah double chainring, namun ukuran crank
tertingginya berkurang. Cukup berpengaruh di sisi top speed.
HARGA POLYGON PREMIER 5 2021
Akhirnya, sampailah kita pada pembahasan mengenai harga Polygon Premier 5 2021. Tapi tunggu dulu, seperti biasanya, kami akan memberikan sedikit kesimpulan dari pembahasan mengenai spesifikasi Polygon Premier 5 2021.
Sepeda XC garapan Polygon yang bertajuk Polygon Premier 5 2021 ini memang hadir dengan gaya desain yang sederhana namun memberikan kesan aura yang sporty dan serbaguna.
Bahkan, Polygon Premier 5 2021 ini juga dibekali double chainring yang mampu memberikan pengalaman shifting yang lebih trendy, simple dan efisien, tentu tanpa mengorbankan performanya.
Sebagaimana diketahui secara umum, ongkos produksi double chainring masih tergolong lebih mahal ketimbang triple chainring.
Hal ini memberikan indikasi positif terhadap harga Polygon Premier 5 2021 ini. Apalagi, Polygon Premier 5 2021 ini juga sudah peningkatan di sisi groupset lainnya. Tentu, tak mungkin hal tersebut dilakukan tanpa diimbangi dengan peningkatan biaya produksi.
Oke, langsung saja, berdasarkan informasi yangtersedia di situs resminya, harga Polygon Premier 5 2021 ini dibanderol dengan harga Rp 4.750.000,00.
Harga Polygon Premier 5 2021 tersebut merupakan harga resmi untuk toko-toko sepeda rekanan resmi dari Polygon. Sehingga, untuk toko sepeda lain harga sangat dimungkinkan akan berbeda.
Jika menengok spesifikasi yang diusungnya, sepertinya memang harga tersebut dinilai cukup sesuai dan cocok.
Namun, untuk banderol Polygon Premier 5 2021 ini, memang masih dirasa cukup mahal untuk mencakup semua kalangan mengingat sepeda XC garapan Polygon satu ini memang menyasar pada semua segmen termasuk segmen bawah.
Logikanya, seharusnya harga Polygon Premier 5 2021 ini menyesuaikan kelas terbawah agar dapat terjangkau oleh berbagai kalangan tersebut.
Oleh karenanya, tampaknya Polygon juga harus berhati-hati dengan pesaing-pesaingnya yang sama-sama memproduksi sepeda sejenis dan sekelas Polygon Premier 5 2021 dengan spesifikasi yang sama pula, seperti : Pacific Masseroni 5.0, United Miami 3.0, Thrill Vanquish AL 3.0 maupun sepeda besutan pabrikan lainnya yang biasanya menawarkan harga lebih murah.
Tetapi, semua tergantung dari pilihan konsumen. Demikian ulasan mengenai spesifikasi dan harga Polygon Premier 5 2021. Sekian dan terimakasih.
Posting Komentar untuk "Review Polygon Premier 5 2021 Terbaru : Jagoannya Entry-Level Kini Dengan Double Chainring!"